Gresik Terima Anugerah Wisata Jatim

Gresik Terima Anugerah Wisata Jatim

Link to PULAUBAWEAN.com

Gresik Terima Anugerah Wisata Jatim

Posted: 09 Dec 2012 11:14 PM PST

Berkomitmen Kembangkan Obyek Wisata Lokal

GRESIK INDAH: Danau Kastoba di Pulau Bawean menjadi target pengembangan wisata andalan di Kabupaten Gresik (foto:atas).
Bupati Sambari dan Wabup Qosim saat memainkan seni pencak khas Bawean yang menjadi suguhan wajib wisatawan yang datang ke Bawean.

Kendati belum disentuh dengan obyek wisata modern, Kabupaten Gresik pantas berbangga hati. Upaya Pemkab Gresik mengembangkan potensi wisata mendapat apresiasi Pemprov Jawa Timur. Itu ditandai dengan diterimanya penghargaan The Best of the Year on Achievement of Tourism Development.

Penghargaan itu diterima Bupati Sambari Halim Radianto dari Sekdaprov Rasiyo dalam acara Anugerah Wisata Jawa Timur 2012, di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Pasuruan, akhir pekan lalu. Selain Bupati Gresik, penghargaan serupa juga diterima 10 kabupaten dan kota yang mempunyai komitmen dan kepedulian tinggi dalam mengembangkan sektor kepariwisataan di daerahnya.

Komitmen Gresik terhadap pengembangan Wisata Jawa Timur dinilai dari upaya mengembangkan wisata di Pulau Bawean. Pulau yang berada di ujung Utara 81 mil laut Kota Gresik, diproyeksikan akan menjadi Bali-nya Jawa Timur.

Bupati Sambari mengungkapkan, terkait pengembangan wisata Pulau Bawean pihaknya memulai dari penyiapan sarana infrastruktur. Salah satunya mempercepat penyelesaian pembangunan lapangan terbang perintis (LTP) Tanjung Ori, di Bawean. "Saat ini tengah finishing, dan pertengahan 2013 lapter ini sudah bisa digunakan," kata Sambari Halim Radianto.

Menurutnya, LTP Bawean memiliki landasan pacu (runaway) sepanjang 1.200 meter. Dengan landasan pacu sepanjang itu, nantinya bisa digunakan untuk mendarat pesawat terbang yang memiliki kapasitas 18 tempat duduk.

Kedepan, kata dia, landasan pacu akan ditambah menjadi 1.500 meter. Tujuannya, agar bisa dilandasi pesawat berpenumpang 40-50 orang. "Dengan adanya lapter Bawean, kami yakin Bawean akan menjadi jujukan wisatawan. Baik domestik maupun mancanegara," tegas bupati.

Bahkan, imbuh dia, pihaknya yakin obyek wisata Bawean menjadi primadona di Indonesia. Sebab, di pulau dengan luas 52 Km persegi ini memiliki panorama alam yang sangat menarik. Sebut saja Danau Kastoba, Pantai Mayangkara, Pantai Pasir Putih Sukaoneng, Pantai Selayar. "Juga ada puluhan tempat indah lain ada di pulau yang berjuluk pulau putri ini," kata Sambari. (san/ris)

Sumber : Radar Gresik


Leave a Reply