Wu Yi Hu Tiba, Express Bahari atau Tungkal Samudra Hilang

Wu Yi Hu Tiba, Express Bahari atau Tungkal Samudra Hilang

Link to PULAUBAWEAN.com

Wu Yi Hu Tiba, Express Bahari atau Tungkal Samudra Hilang

Posted: 13 May 2013 02:49 AM PDT

etgGRESIK – Kapal penyebrangan milik BUMD Gresik, PT Gresik Samudra bakal beroperasi awal Juni 2013. Dipastikan kehadiran kapal dengan rute Gresik-Bawean PP ini akan menggeser salah satu kapal yang kini telah beroperasi, yaitu Expres Bahari dan Tungkal Samudra. Uji kelayakan yang dilakukan kemenhub dinyatakan lolos, kata Kabag Humas Pemkab Gresik, Andy Wijaya, Minggu (12/5).

Pemkab sendiri sudah menyiapkan nama untuk kapal tersebut, yakni kapal Gresik Samudera (GS) 1. Jika tak ada aral melintang kapal buatan Australia itu sudah bisa bersandar di pelabuhan Gresik pada 26 Mei mendatang.

Saat ini Pemkab dan PT Gresik Samudera sedangmembahas teknis pengoperasian kapal GS 1. Mulai dari rencana jadwal pelayaran, rencana tarif yang bakal diberlakukan, hingga teknis kerja sama pengoperasian antara PT Gresik Samudera (BUMD di bidang kepelabuhanan) yang ditunjuk Pemkab dengan investor.

Pengoperasiaan kapal ini adalah langkah perbaikan pelayaran Gresik-Bawean. Kapal baru itu bernama Wu Yi Hu. Kapal itu sendiri berkapasitas total sebanyak 371 penumpang. Hanya saja, sampai saat ini, nasib dua kapal rute Gresik-Bawean yang saat ini beroperasi, yakni Express Bahari dan Tungkal Samudera masih simpang siur.

Pemkab memang telah menyiapkan opsi soal itu. Yakni, izin operasional dua kapal ini bakal dievaluasi sebelum dicabut salah satu.( yud/rtn)

Sumber: Radar Gresik


Leave a Reply